Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

Wednesday, December 19, 2012

MAKALAH CBIS - DIAGNOSIS HEPATITIS UNTUK MOBILE DEVICE MENGGUNAKAN J2ME

DIAGNOSIS HEPATITIS UNTUK MOBILE DEVICE MENGGUNAKAN J2ME

Diagnosis Hepatitis Untuk Mobile Devices Menggunakan J2ME
Bidang : Sistem pakar
Suatu gejala penyakit dapat merupakan awal dari sebuah penyakit yang dapat membahayakan pasien, tetapi pada kenyataannya gejala penyakit tersebut terkadang dianggap remeh oleh pasien. Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi saat ini bahaya yang ditimbulkan oleh suatu penyakit dapat diketahui dengan lebih cepat.

Kemajuan pengetahuan dan teknologi komunikasi yang begitu cepat saat ini, terutama teknologi mobile communication sepertinya tidak dapat terelakkan lagi. Selain itu teknologi ini sudah menyentuh hampir semua kalangan di Indonesia, teknologi mobile ini dapat diperoleh dengan mudah. Hal ini yang mendasari diperlukannya suatu aplikasi mengenai sistem diagnosis penyakit selain untuk mengatasi kendala dan keterbatasan di dunia kesehatan diatas. Sehingga diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan, serta dapat mengurangi timbulnya bahaya yang disebabkan oleh gejala penyakit karena telah dapat dideteksi dengan lebih cepat.

Aplikasi mobilediagnosis penyakit yang akan dibuat menggunakan sistem pakar. Sistem pakar merupakan program komputer dapat meniru proses pemikiran dan pengetahuan pakar untuk menyelesaikan suatu masalah yang spesifik. Implementasi sistem pakar banyak digunakan untuk kepentingan komersial karena sistem pakar dipandang sebagai cara penyimpanan pengetahuan pakar dalam bidang tertentu ke dalam suatu program, sehingga dapat memberikan keputusan dan melakukan penalaran secara cerdas. Aplikasi ini akan mengatasi masalah-masalah seperti, Mendiagnosis suatu penyakit berdasarkan gejala-gejala yang diderita. Penyakit yang akan didiagnosis adalah penyakit Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C. Membahas tentang program mobile yang akan menentukan jenis penyakit dan nilai kepastian terhadap penyakit tersebut. Input berupa gejala-gejala penyakit Hepatitis yang menyerang pasien. Output berupa identifikasi kemungkinan jenis penyakit Hepatitis yang menyerang pasien serta nilai kepastian terhadap penyakit tersebut. Perhitungan menggunakan metode factor kepastian (certainty factor) yang menunjukkan ukuran kepastian terhadap suatu fakta Representasi pengetahuan yang digunakan adalah sistem pakar berbasis rule dan dalam penalaran menggunakan metode backward chaining. Program dibangun secara menggunakan teknologi J2ME dan diimplementasikan secara simulasi.

Cara Kerjanya pada rancangan aplikasi yang dibuat, hanya terdapat satu aktor saja yaitu aktor User. Adapun aktor tersebut berinteraksi dengan sistem melalui fungsifungsi yang dimiliki oleh sistem. Hubungan antara aktor dengan use case dapat dilihat lebih jelas pada Gambar 2.

Gambar: Use Case

 Gambar: Tampilan menu utama

 Gambar: Tampilan Gejala Penyakit

Gambar: Tampilan Kesimpulan Hasil

Gambar: Tampilan Catatan

Gambar: Tampilan Lihat Data

Manfaat dari aplikasi ini adalah Aplikasi ini dapat membantu pasien dalam memperoleh informasi jenis penyakit hepatitis secara cepat, sehingga dapat segera dilakukan tindakan dan pelayanan medis yang sesuai oleh tenaga medis. Aplikasi ini hanya dapat dijalankan di mobile devices yang mendukung Java 2.0 dan CLDC 1.1 Dengan menggunakan J2ME sebagai bahasa pemrograman memberikan keuntungan pada penulisan kode program yang sama persis untuk produk yang berbeda 

Untuk Materi Lengkapnya silahkan download SISTEM PAKAR.DOC | SISTEM PAKAR.PPT

Mungkin Ini Juga Yang Anda Cari :
pasang iklan pasang iklan pasang iklan pasang iklan pasang iklan

.:: Related Post ::.



0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini. komentar anda sangat membantu demi kemajuan blog ini. dan terima kasih atas komentar-komentar yang sudah masuk.

Perhatian !!!

Dimohon Untuk Semua Yang Mau Copy dari Blog ini, sertakan alamat blog ini . http://separuhtulisanku.blogspot.com/ dalam referensi anda. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.

Tukar Link

Untuk Tukar Link Add Link Blog Snapper White ke Blog Anda. Setelah itu konfirmasi melalui Buku Tamu
Cari Saya Juga Di Facebook [Klik disini]

Followers

.:: Advertising ::.

pasang iklan pasang iklan
pasang iklan pasang iklan