Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

Thursday, May 16, 2013

PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PRESENSI GURU DAN KARYAWAN DI SMA NEGERI 1

A. JUDUL
Perancangan Sistem Aplikasi Presensi Guru dan Karyawan Di SMA Negeri 1 Bandar.
B. LATAR BELAKANG 

Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu mengalami perkembangan yang cepat dan dinamis, salah satu dari sekian banyak hasil perkembangan teknologi adalah teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari. Kebutuhan tersebut semakin diminati oleh masyarakat, baik masyarakat awam maupun intelektual. Komputer sebagai alat bantu manusia yang memiliki kelebihan yaitu kecepatan, keakuratan serta keefisienan dalam pengolahan data dibandingkan dengan sistem manual.

Komputer sudah berkembang dalam berbagai segmen, baik dalam dunia kerja maupun dunia pendidikan sehingga secara tidak langsung telah menciptakan persaingan yang sangat ketat antara sekolah yang satu dengan yang lainnya sehingga perkembangan teknologi juga harus diikuti oleh pengelola instansi pendidikan.

Dalam institusi pendidikan, selalu membutuhkan sistem untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, melihat kembali dan memberikan informasi. Komputer merupakan salah satu sarana yang tepat dan dapat membantu kegiatan tersebut. Hasilnya sistem sistem informasi yang berdasarkan komputer akan mempunyai nilai lebih daripada sistem yang diolah secara manual, seperti dalam suatu organisasi yang memiliki jumlah data cukup banyak maka perlu penanganan khusus.
Pengolahan data presensi merupakan salah satu fungsi dari kegiatan administrasi karyawan dalam memberikan pelayanan pada guru dan memenuhi setiap tuntutan informasi. Pengolahan sistem presensi yang baik senantiasa dapat mengatasi masalah yang terjadi dan dapat menghasilkan informasi yang cepat dan akurat.
Hal ini membuktikan bahwa komputer sebagai alat bantu yang mengambil peran utama dalam implementasi sebuah sistem informasi dan manusia sebagai pengguna dan komponen utama dalam mengolah data menjadi informasi.

Seiring dengan perkembangan teknologi di masa sekarang ini, menunjukkan bahwa komputer bukanlah sesuatu barang yang sulit didapatkan dan bukan termasuk barang mewah lagi. Karena pada kalangan menengah pun sudah bisa memilikinya, bukan hanya itu setiap sekolah sudah mulai diterapkan pelajaran tentang pengenalan komputer.

Demikian juga halnya pada SMA Negeri 1 Bandar ingin menerapkan kemajuan teknologi kompter tersebut dalam sistem terkomputerisasi. Dengan adanya komputer sebagai alat pengolah data, maka semua bidang dalam sekolah dapat dikelolah dengan baik menggunakan komputer. Salah satunya adalah dalam bidang pengolahan presensi guru dan karyawan. Mulanya SMA Negeri 1 Bandar masih menggunakan sistem presensi guru dan karyawan secara manual. Dimana dalam penerapanya terdapat beberapa hal yang menjadi kendala seperti efektivitas waktu belum maksimum, bentuk laporan presensi yang masih berupa hardcopy yang dapat menyulitkan dalam proses pencarian data serta kemungkinan terjadi data absensi yang hilang.
C. RUMUSAN MASALAH
Bagaimana merancang sebuah sistem aplikasi presensi guru dan karyawan di SMA Negeri 1 Bandar yang terkomputerisasi, efektif dan efisien.
D. TUJUAN DAN MANFAAT

1. TUJUAN
Merancang sistem aplikasi presensi guru dan karyawan menggunakan teknologi komputer
 2. MANFAAT
Untuk direkomendasikan penyelesaian masalah pada SMA 1 Bandar yang masih menggunakan sistem presensi secara tertulis dan manual agar lebih efektif dan efisien dalam cara kerja sistem yang sedang berjalan pada saat ini, dan mempermudah proses pencarian data serta kemungkinan terjadi data absensi yang hilang.

Download File: Perancangan Sistem Apliksi Presensi Guru dan Karyawan.doc

Mungkin Ini Juga Yang Anda Cari :
pasang iklan pasang iklan pasang iklan pasang iklan pasang iklan

.:: Related Post ::.



0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini. komentar anda sangat membantu demi kemajuan blog ini. dan terima kasih atas komentar-komentar yang sudah masuk.

Perhatian !!!

Dimohon Untuk Semua Yang Mau Copy dari Blog ini, sertakan alamat blog ini . http://separuhtulisanku.blogspot.com/ dalam referensi anda. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.

Tukar Link

Untuk Tukar Link Add Link Blog Snapper White ke Blog Anda. Setelah itu konfirmasi melalui Buku Tamu
Cari Saya Juga Di Facebook [Klik disini]

Followers

.:: Advertising ::.

pasang iklan pasang iklan
pasang iklan pasang iklan