1. PENDAHULUAN
Bersikap komunikatif dan penuh empati adalah syarat mutlak bagi seorang dokter dalam menjalankan profesinya.
Sir William Osler (1919) seorang psikiater dan dikenal juga sebagai bapak kedokteran modern, pernah memberikan suatu quote yang berkesan dan harus direnungkan tentang komunikasi antara dokter dan pasien. Ia menulis “Listen to the patient, he is telling you the diagnosis”, yang artinya “Dengarkan pasienmu, dia akan memberitahumu apa diagnosisnya”.
Begitu besarnya tuntutan akan komunikasi yang baik dalam proses penyembuhan pasien, membuktikan bahwa komunikasi mempunyai andil yang besar dalam dunia kedokteran. “communication is a life or death matter” (Diana Booher, 1994) Mengacu pada kasus yang dialami seorang dokter yang gagal membangun komunikasi dan empati dengan pasien(Skenario PBL Blok 1 Modul 2), maka dibuatlah makalah ini untuk membahas bagaimana cara membangun komunikasi dan juga bagaimana cara berkomunikasi yang baik saat bersama pasien, baik saat berkonsultasi maupun saat dilakukannya proses terapi dan penyembuhan.
2. PEMBAHASAN
2.1 Komunikasi
Komunikasi berasal dari bahasa inggris Communication yang berarti suatu kegiatan menyampaikan informasi atau pesan yang mempunyai nilai atau penting.
Kegiatan komunikasi pada prinsipnya adalah aktivitas pertukaran ide atau gagasan. Secara sederhana, kegiatan komunikasi dipahami sebagai kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan atau ide dari satu pihak ke pihak lain, dengan tujuan untuk mencapai kesamaan pandangan atas ide yang dibagi atau disharingkan tersebut.
Pelaksanaan kegiatan komunikasi berlangsung dengan bantuan elemen elemen pembentuk komunikasi.
DOWNLOAD MAKALAH KECAKAPAN ANTAR PERONIL - EMPATI.PDF | 61 KB
@kaptenpenguind
Mungkin Ini Juga Yang Anda Cari :
Post a Comment
Silahkan berkomentar disini. komentar anda sangat membantu demi kemajuan blog ini. dan terima kasih atas komentar-komentar yang sudah masuk.